Rabu, 13 September 2017

motif-motif batik

MOTIF-MOTIF BATIK 
INDONESIA

MOTIF BATIK – Ada macam-macam jenis batik yang tersebar di Nusantara.Batik yaitu seni lukis menggunakan kain bergambar yang memiliki pola dan cara pembuatan khusus dengan menuliskan atau menempelkan zat malam/lilin pada kain tersebut, yang dilanjutkan dengan pengolahan dengan cara tertentu yang khas.
Batik Indonesia sebagai budaya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan entuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009

Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu “amba” yang berarti “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”, sehingga apabila digabungkan kurang lebih bermakna “menulis titik-titik.”

Motif Batik Sekar Jagad
Motif ini adalah salah satu motif yang sangat khas di Indonesia. Batik jenis ini berasal dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta. Batik Jogja ini mempunyai makna segar jagad adalah keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihatnya jadi terpesona.
Ada juga yang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya adalah sesuai namanya, yaitu sekar jagad. Dalam bahasa Jawa, “kar jagad” memiliki arti peta dunia.


sekar-jagad



Motif Batik Sidomukti Magetan
Motif batik kabupaten Magetan memiliki motif dasar gambar bambu. biasanya batik ini dipakai pada acara-acara resmi atau upacara adat. Makna dan filosofi dari motif batik sidomukti ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.


sidomukti-magetan



Motif Batik Kawung
Motif batik kawung ini mungkin sangat dikenal oleh kakek-kakek kita sejak dulu. Hal ini disebabkan karena motif ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dahulu, motif ini hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permaisurinya. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.


batik-kawung



Motif Batik Tasik
Batik memang bukan ada di daerah Jawa saja, macam motif batik kini juga berkembang di Tanah Sunda. Sebagaimana setiap daerah memiliki ciri khas dan filosofi tersendiri untuk motif batiknya, motif Tasik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri. Batik-batik yang berasal dari Tasikmalaya ini umumnya berbentuk rerumputan, fauna dan hal-hal yang berkaitan dengan alam. Sedangkan pewarnaannya, kebanyakan berwarna biru, merah padam dan coklat.


batik-tasik



Motif Batik Malang
Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, seperti memiliki warna dasar biru kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah.batik Malangan ini berpola tanaman atau simbol-simbol kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.

batik-tugu



Motif Batik Mega Mendung
Motif yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat motif. Diantara motif yang paling populer bahkan menjadi ciri khas kota Cirebon adalah batik Mega Mendung. Batik mega mendung diisi dengan pola-pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.

mega-mendung


sumber: https://www.satujam.com/motif-batik-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat bagi anda.