Rabu, 13 September 2017

Teknik batik

TEKNIK BATIK


teknik canting tulis
Canting ini alat khas Jawa yang digunakan untuk membatik. teknik canting mulai dikenal di masyarakat Jawa. Loopers, canting ini fungsinya buat menuliskan motif batik diatas kain mori. Canting diisi dengan cairan malam terlebih dahulu lalu kain bisa dicelupkan ke pewarna. Nah pada bagian yang sudah ditulis ini nggak bakal luntur terkena warna. Teknik ini membutuhkan jiwa seniman dan ketelitian yang tinggi lho Loopers. Maka dari itu, harga batik tulis ini sangat mahal.


teknik-canting

Teknik celup ikat
Teknik ini sudah pernah kamu pelajari di sekolah ya karenateknik ini sangatlah mudah. Pembuatan motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu dicelupkan kedalam cairan pewarna. Habis itu, ikatan dibuka, nah pada kain yang terikat ini pasti nggak terkena warna kan. Teknik celup ikat juga dikenal dengan nama jumputan, tritik, sasirangan dan pelangi.

celup-ikat


Teknik printing
Teknik printing ini diprint dengan alat printing. Proses pewarnaan pada batik printing ini hanya diwarnai pada satu sisi kainnya aja Loopers. Jadi pada proses produksinya lebih efisien dan lebih cepat. Bayangin aja dalam sekali cetak, satu warna itu hanya butuh waktu 5 menit saja lho Loopers. Nggak hanya itu, alat printing ini sangat canggih jadi motif batiknya bakalan lebih detail.

teknik-printing


Teknik cap
Teknik cap ini menggunakan alat canting cap yang timbul, dimana canting cap ini bakalan dicelupkan di cairan malam lalu dicapkan ke kain mori. Kelebihan dari teknik ini bisa lebih cepat dalam pemalaman.


teknik-cap


Teknik Colet
Teknik ini akrab disapa dengan teknik lukis. Pembatik harus mengoleskan pewarna kain atau pewarna kain lainnya dengan menggunakan kuas lalu melukiskan motif diatas kain mori. Looper, teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi karena untuk membuat motif harus jeli, warnanya bisa menyatu. Semakin bagus motifnya, bakalan semakin tinggi pula harganya.


teknik-colet-batik



sumber: http://www.loop.co.id/articles/kenali-5-teknik-membatik-berikut-ini-biar-nggak-salah-kenal

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat bagi anda.